INTERAKSI MANUSIA
DAN KOMPUTER

Materi Kuliah IMK
Universitas Dian Nuswantoro

Apa Itu Interaksi Manusia dan Komputer (IMK)?



Interaksi Manusia dan Komputer merupakan serangkaian proses dan kegiatan yang dilakukan oleh manusia atau pengguna komputer untuk berinteraksi dengan komputer secara interaktif untuk melaksanakan dan menyelesaikan suatu tugas. IMK juga bisa diartikan sebagai sebuah disiplin ilmu yang mempelajari hubungan antara manusia dan komputer yang meliputi perancangan, evaluasi dan implementasi interface (antarmuka) pengguna komputer agar mudah digunakan oleh manusia. 

IMK ini mempunya keterkaitan dengan desain implementasi dan evaluasi dari sistem komputasi yang interaktif untuk digunakan oleh manusia dan studi tentang ruang lingkupnya, ada interaksi antara satu atau lebih manusia dan satu atau lebih komputasi mesin.

Agar komputer dapat diterima secara luas dan dapat digunakan secara efektif oleh penggunanya, komputer harus dirancang dengan baik. Meskipun begitu, hal tersebut bukan berarti bahwa semua sistem harus dirancang agar dapat mengakomodasi semua orang, namun komputer perlu dirancang sedemikian rupa agar daoat memenuhi dan mempunyai kemampuan sesuai dengan kebutuhan penggunanya secara spesifik.

Pada tahun 1970 mulai dikenal istilah antarmuka pengguna (user interface), yang juga dikenal dengan istilah Man-Machine Interface (MMI), dan mulai menjadi topik perhatian bagi peneliti dan perancang sistem.
Dari situ, perusahaan-perusahaan komputer mulai memikirkan aspek fisik dari antarmuka pengguna sebagai faktor penentu keberhasilan dalam pemasaran produknya.
Istilah Human-Computer Interaction (HCI) mulai muncul pertengahan tahun 1980-an sebagai bidang studi yang baru. Munculnya istilah HCI ini mengisyaratkan bahwa bidang studi ini mempunyai fokus yang lebih luas, tidak hanya sekedar perancangan antarmuka secara fisik.
HCI diartikan sebagai disiplin ilmu yang berhubungan dengan perancangan, evaluasi, dan implementasi sistem komputer interaktif untuk digunakan oleh manusia dan studi. HCI pada prinsipnya membuat agar sistem dapat berkomunikasi dengan penggunanya seramah mungkin (user friendly). Tidak hanya perancangan layout layar monitor. Tapi mulai dari sudut pandang pengguna merupakan keseluruhan sistem sehingga Useful, Usable, Used
Useful: fungsional, dapat mengerjakan suatu perintah atau tugas
Usable: Dapat mengerjakan sesuatu dengan mudah, mengerjakan sesuatu dengan benar (Does the right things)
Used: Terlihat baik, tersedia dan diterima/digunakan oleh organisasi

Share this:

JOIN CONVERSATION

3 komentar :