INTERAKSI MANUSIA
DAN KOMPUTER

Materi Kuliah IMK
Universitas Dian Nuswantoro

Warna

WARNA PRIMER

Warna primer adalah warna merah, kuning, biru itu adalah warna yang pokok atau warna dasar, artinya pada hakekatnya semua warna adalah turunan dari ketiga warna ini. Karena dengan warna ini kita dapat menghasilkan warna-warna lainnya sehingga dapat menjadi berbagai macam warna.

Contoh warna primer





















WARNA SEKUNDER

Warna sekunder adalah warna orange, hijau, ungu itu disebut juga dengan warna kedua, yaitu dengan percampuran antara 2 warna primer. Misalnya warna merah dicampur kuning menjadi warna orange, warna kuning dan biru menjadi warna hijau, biru dan merah menjadi ungu.

Contoh warna sekunder













WARNA TERSIER

Warna tersier adalah coklat kemerahan, coklat kekuningan, coklat kebiruan, warna ini dapat dibentuk dengan pencampuran warna primer dengan warna sekunder sehingga menjadi warna teriser. Misalnya warna merah di campur hijau menjadi coklat kemerahan, kuning di campur ungu menjadi coklat kekuningan, biru dicampur orange menjadi coklat kebiruan.

Contoh warna tersier

















APA ITU GRADASI WARNA ?

Gradasi warna adalah susunan warna yang bertingkat-tingkat yang dapat dihasilkan dari percampuran berbagai macam warna sehingga dapat memberi kesan yang bertingkat dari yang paling gelap hingga paling terang. Dengan kata lain gradasi warna adalah perkembangan warna atau perubahan pada warna yang terjadi jika dua warna atau lebih digabungkan.

Misalnya, hijau dicampur hitam menghasilkan hijau muda dicampur lagi dengan hitam menjadi hijau tua dan semakin tua dan seterusnya hingga menjadi hitam seutuhnya, dan disitu kita dapat melihat bahwa warna itu bertingkat atau bisa di sebut dengan gradasi warna.

Contoh gradasi warna :













Share this:

JOIN CONVERSATION

    Blogger Comment

0 komentar :

Posting Komentar